Jumat, 02 April 2010

SILABUS TIK KELAS 7,8,DAN 9

SILABUS
SEKOLAH : SMPN 1 NARMADA
Kelas / semester : VII (Tujuh) / 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi Komunikasi
Standar kompetensi : 3. Mempraktekkan keterampilan dasar komputer

Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

3.1. Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer Perankat keras (Hardware) *Alat input *Alat proses *Alat out put *Alat penyimpanan data *Melihat visualisasi tetentang perangkat keras * Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input, dan proses out put. *Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input, proses dan out put. *Mengamati alat - alat yang dapat di gunakan untuk menyimpan data melalui gambar atau benda konkrit. *Mengidentifikasi perangkat keras yang befungsi sebagai alat input *Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses *Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungssi sebagai alat out put Tes unjuk kerja tes unjuk kerja tes unjuk kerja Tes identifikasi Tes identifikasi Tes identifikasi Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat input! Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat proses! Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat out put! 2X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

*Mengidentifikasi media penyimpan data. Tes unjuk kerja Tes identifikasi Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan!
3.2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi Perangkat lunak aplikasi (applikation software) *Mengamati program aplikasi yang terinstal di kompouter *Menemukan berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata *Menemukan berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka *Mengidentifikasi program aplikasi yang terinstal di kompouter *Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata Tes unjuk kerja tes unjuk kerja Tes identifikasi Tes identifikasi Tunjukkanlah perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata yang terinstal di komputer! Tunjukkanlah perangkat lunakprogram aplikasi berbasis pengolah angka yang terinstal di komputer! 2X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja





Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

*Mnegidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis *Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi media. Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes identifikasi Tes identifikasi *Tunjukkanlah perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis yang terinstal di komputer!
3.3. Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa program aplikasi Kegunaan program aplikasi *Melakukan studi pustaka tentang kegunaan program aplikasi. *Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program apllikasi berbasis pengolah kata. Tes tertulis. Uraian/pilihan ganda Jelaskan kegunaan program pengolah kata! 2X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja, multi media


Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

3.4. Mempraktikan satu program aplikasi. Menu dan shortcut program aplikasi *Menemukan menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop *Menampilkan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop *Mempraktikkan satu program aplikasi *Mengidentifikasi menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop *Mempraktikan satu program aplikasi Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes identifikasi Uji prosedur Tunjukkanlah menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop! Aktifkanlah salah satu program aplikasi yang terinstal di komputer! 2X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja


Narmada,27 Mei 2009

Mengetahui,
Kepala SMPN 1 NARMADA Guru Mata Pelajaran




Lalu.M.Supriadi S.Pd. M. AMIN KUTBI, S.Pd.I
NIP/NIK NIP/NIK

SILABUS
SEKOLAH : SMPN 1 NARMADA
Kelas / semester : VIII (Delapan) / 1 (satu)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi Komunikasi
Standar kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

1.1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata Tampilan menu dan ikon pada pengolah kata *Tampilan menu dan ikon pada menu bar (fike, edit, view, formal, tools, table, windows, help) *Tampilan menu dan ikon pada standar menu *Mengamati tampilan menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata *Menemukan nama menu dan ikon pda menu bar, standar menu, formating menu dan drawing menu *Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar *Mengidentifikasi menu dan ikon pada standar menu Tes unjuk kerja tes unjuk kerja Tes identifikasi Tes identifikasi Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada menu bar! Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada standar menu! 1X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja





Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

*Tampilan menu dan ikon pada formating menu


*Tampilan menu dan ikon pada menu drawing *Mencocokan menu dan ikon sesuai dengan fungsinya *Menjelaskan menu dan ikon pada formatting menu *Menjelaskan menu dan ikon pada drawing menu Tes unjuk kerja tes unjuk kerja Tes identifikasi Tes identifikasi Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada formatting menu! Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada drawing menu!
1.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata Fungsi menu dan ikon *Fungsi menu dan ikon pada menu bar (fike, edit, view, formal, tools, table, windows, help) *Fungsi menu dan ikon pada standar menu *Mengamati menu dan ikon pada menu bar, standar menu, formatting menu dandrawing menu *Melakukan studi pustaka tentang dan ikon pada program pengolah kata *Menjelaskan menu dan ikon pada menu bar *Menjelaskan menu dan ikon pada standar menu Tes unjuk kerja tes unjuk kerja Tes identifikasi Tes identifikasi Jelaskan funsi dari menu edit pada menu bar! Jelaskan fungsi dari ikon paste pada standar menu! 1X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja

Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

*Fungsi menu dan ikon pada formatting menu *Fungsi menu dan ikon pada menu drawing Mencocockan menu dan ikon sesuai dengan fungsinya *Menjelaskan menu dan ikon pada formatting menu *Menjelaskan menu dan ikon pada drawing menu Tes tertulis Tes tertulis Uraian Uraian Jelaskan funsi dari ikon bold pada formatting menu! Jelaskan fungsi dari ikon text pada drawing menu!
1.3. Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah kata Cara menggunakan menu dan ikon *Cara menggunak menu dan ikon pada menu bar (fike, edit, view, formal, tools, table, windows, help) *Cara menggunakan menu dan ikon pada standar menu *Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar *Mempraktikan cara menggunakan menu dan ikon pada standar menu *Menggunakan menu dan ikon pada menu bar *Menggunakan menu dan ikon pada standar bar Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Uji prosedur Uji prosedur Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar! Praktikkanlah cara menggunakkan menu dan ikon pokok pada standar menu! 2X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja

Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

*Cara menggunakan menu dan ikon pada formatting menu *Cara menggunakan menu dan ikon pada drawing menu *Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada formatting menu *Mempraktikan cara menggunakan menu dan ikon pada drawing menu *Menggunakan menu dan ikon pada formatting menu *Menggunakan menu dan ikon pada drawing menu Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Uji prosedur Uji prosedur Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada formatting menu! Praktikkanlah cara menggunakkan menu dan ikon pokok pada drawing menu!
1.4. Membuat dokumen pengolah kata sederhana *Membuat dokumen baru *Format teks *Edit teks *Format paragraf *Membuat dokumen baru *Membuat dokumen dengan berbagai format teks *Melakukan edit teks pada dokumen *Membuat dokumen dengan bebagai format paragraf *Membuat dokumen baru *Melakukan format teks *Mengedit teks *Mengatur format paragraf Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Uji prosedur dan produk Uji prosedur dan produk Buatalah dokumen pengolah kata baru! Buatlah dokumen pengolah kata dengan melakukan format teks! Editlah dokumen yang telah kamu buat dengan cara menghapus, menyalin data dan menambahkan teks! 8X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja

Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

*Penyisipan objek *Format halaman *Mencetak dokumen *Membuat dokumen dengan menyisipkanobjek *Membuat dokumen dengan memformat halaman *Mencetak dokumen *Menyisipkan objek *Mengatur format halaman *Mencetak dokumen / berkas Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Uji prosedur Uji prosedur Uji prosedur Uji prosedur Uji prosedur Buatlah dokumen pengolah kata dengan menyisipkan objek ClipArt dan WordArt! Buatlah dokumen pengolah kata dengan melakukan pengaturan halaman! Cetaklah dokumen yang telah kamu buat dengan ukuran kertas folio!
Narmada,27 Mei 2009

Mengetahui,
Kepala SMPN 1 NARMADA Guru Mata Pelajaran




Lalu.M.Supriadi S.Pd. M.Amin Kutbi, S.Pd.I
NIP/NIK NIP/NIK
SILABUS
SEKOLAH : SMPN 1 NARMADA
Kelas / semester : VIII (Delapan) / 2 (Dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi Komunikasi
Standar kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi

Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

2.1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka Tampilan menu dan ikon *Tampilan menu dan ikon pada menu bar (fike, edit, view, formal, tools, table, windows, help) *Tampilan menu dan ikon pada standar menu Tampilan menu dan ikon pada formatting menu *Mengamati tampilan menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka *Menemukan nama menu dan ikon pda menu bar, standar menu, formating menu dan drawing menu *Melakukan simulasi mencocokan menu dan ikon sesuai dengan toolbarnya *Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar *Mengidentifikasi menu dan ikon pada standar menu *Mengidentifikasi menu dan ikon pada formating menu Tes unjuk kerja tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes identifikasi Tes identifikasiTes identifikasi Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada menu bar! Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada standar menu! Tunjukkanlah dan sebutkannam perintah menu dan ikon pada formatting menu 1X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja


Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

*Tampilan menu dan ikon pada menu drawing *Mengidentifikasi menu dan ikon pada drawing menu Tes unjuk kerja Tes identifikasi Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada drawing menu!
2.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka Fungsi menu dan ikon *Fungsi menu dan ikon pada menu bar (fike, edit, view, formal, tools, table, windows, help) *Fungsi menu dan ikon pada standar menu Fungsi menu dan ikon pada formatting menu *Mengamati menu dan ikon pada menu bar, standar menu, formatting menu dandrawing menu *Melakukan studi pustaka tentang dan ikon pada program pengolah kata *Pengolah angka *Menjelaskan menu dan ikon pada menu bar *Menjelaskan menu dan ikon pada standar menu *Menjelaskan menu dan ikon pada formatting menu Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Uraian Uraian Uraian Jelaskan funsi dari menu format cell pada menu bar! Jelaskan fungsi dari ikon auto sum pada standar menu! Jelaskan fungsi dari ikon Merge and center pada formating menu! 1X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja




Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

*Fungsi menu dan ikon pada menu drawing Mencocockan menu dan ikon sesuai dengan fungsinya *Menjelaskan menu dan ikon pada drawing menu Tes tertulis Uraian Jelaskan fungsi dari Arrow pada perangkat lunak pengolah kata yang terinstal!
2.3. Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka Cara menggunakan menu dan ikon *Cara menggunak menu dan ikon pada menu bar (fike, edit, view, formal, tools, table, windows, help) *Cara menggunakan menu dan ikon pada standar menu *Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar *Mempraktikan cara menggunakan menu dan ikon pada standar menu *Menggunakan menu dan ikon pada menu bar *Menggunakan menu dan ikon pada standar bar Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Uji prosedur Uji prosedur Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pada menu bar! Praktikkanlah cara menggunakkan menu dan ikon pokok pada standar menu! 2X40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja


Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

*Cara menggunakan menu dan ikon pada formatting menu *Cara menggunakan menu dan ikon pada drawing menu *Mempraktikkan cara menggunakan menu dan ikon pada formatting menu *Mempraktikan cara menggunakan menu dan ikon pada drawing menu *Menggunakan menu dan ikon pada formatting menu *Menggunakan menu dan ikon pada drawing menu Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Uji prosedur Uji prosedur Praktikkanlah cara menggunakan menu dan ikon pokok pada formatting menu! Praktikkanlah cara menggunakkan menu dan ikon pokok pada drawing menu!
2.4. Membuat dokumen pengolah angka sederhana *Membuat dokumen baru *Pengaturan lebar kolom dan tinggi baris *Letak data *Pengaturan tampilan border *Pengeditan kolom dan baris *Penyisipan objek *Membuat dokumen baru *Membuat dokumen dengan mengatur lebar kolom dan baris *Meletakkan data pada dokumen *Mengatur border pada dokumen *Mengedit kolom dan baris pada worksheet *Membuat spreadsheet dengan menyisip objek *Membuat dokumen baru *Mengatur lebar kolom dan tinggi baris *Meletakan data *Mengatur tampilan border *Mengedit kolom dan baris *Menyisipkan objek Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Uji prosedur dan produk Uji prosedur dan produk Uji prosedur dan produk Uji prosedur dan produk Buatalah dokumen baru berupa tabel sederhana! Lakukanlah pengaturan lebar kolom dan tinggi baris dengan menyesesuaikan datanya! Letakkan data sesuai dengan jenis datanya! Buatlah garis tabel sesuai dengan datanya! Hapuslah kolom yang tidak di perlukan pada sebuah tabel dan sisipkan kolom baru untuk menambah data kolom pada tabel tersebut! 8X40 Komputer, buku paket, lembar kerja


Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

*Format bilangan *Rumus dan fumgsi *Pengaturan halaman *Mencetak dokumen *Membuat dokumen dengan menggunakan format bilangan *Membuat dokumen dengan menggunakan berbagai rumus dan fungsi bilangan *Mengatur halaman pada dokumen *Mencetak dokumen *Mengatur format bilangan *Menggunakan rumus dan fungsi *Mengatur halaman *Mencetak dokumen Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Uji prosedur Uji prosedur Uji prosedur Uji prosedur Formatlah kolom "jumlah" yang terdapat pada tabel menggunakan format mata uang rupiah! Buatlah daftar gaji karyawan menggunakan rumus dan fungsi! Lakukanlah pengaturan halaman dari karya telah di buat di sesuaikan dengan ukuran kertasnya! Lakukanlah pengaturan pencetakan sesuai dengan jenis printer dan cetaklah karya yang telah di buat
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 NARMADA Guru Mata Pelajaran




Lalu.M.Supriadi S.Pd. M. Amin Kutbi, S.Pd.I
NIP/NIK NIP/NIK
SILABUS
SEKOLAH : SMPN 1 NARMADA
Kelas / semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi Komunikasi
Standar kompetensi : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/Intranet

Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

1.1 menjelaskan pengertian internet / intranet. Pengertian internet / intranet.  Melakukan studi pustaka tentang dasar-dasar sistem jaringan internet / intranet.
 Mengamati tayangan tentang;
-internet.
-intranet. >Menjelaskan pengertian;
-internet
-intranet Tes tulis Uraian Jelaskan pengertian internet!

Jelaskan pengertian intranet! 1x40 Komputer,koneksi internet,lembar kerja,buku paket,tayangan.

Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

1.2 Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet. Dasar-dasar jaringan internet/intranet.  Mengamati visualisasi tentang dasar-dasar sistem jaringan:

 Mengamati tayangan tentang:
-internet
-intranet > Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet

 Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet Tes tulis





Tes tulis Uraian





Uraian Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet


Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet 1x40 Komputer,koneksi internet,lembar kerja,buku paket,tayangan.








Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

1.3 Mengenal ukuran kecepatan akses internet. Ukuran kecepatan akses internet.  Mengamati demonstrasi akses internet dengan mengukur kecepatan akses.

 Melakukan studi pustaka tentang ukuran kecepatan akses internet.  Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet.

 Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan. Tes tulis





Tes untuk kerja Uraian/pilihan ganda.





Tes indentifikasi Jelaskan ukuran kecepatan akses internet!



Indentifikasi ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia! 2x40 Komputer,koneksi internet,lembar kerja,buku paket.








Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

1.4 Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses interner/intranet. Persyaratan perangkat keras internet/intranet.  Mengamati perangkat keras untuk keperluan akses internet/intranet yang terdapat di lab.komputer (melalui tayangan).

 Mencocokkan peralatan yang digunakan internet/intranet sesuai diagram jaringan.

 Melakukan studi pustaka tentang fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet.  Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet.

 Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet.

 Mengidentifikasi fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet. Tes untuk kerja





Tes tertulis






Tes untuk kerja Tes identifikasi





Uraian






Tes identifikasi






Tunjukkanlah perangkat keras yang digunakan internet/intranet!



Jelaskan fungsi modem!





Tunjukkan peralatan yang digungkan internet! 4x40 Komputer,koneksi internet,lembar kerja,buku paket.








Kompetensi dasar Materi pokok / pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Penilaian
Teknik Bentuk instrumen Contoh instrumen Alokasi waktu Sumber belajar

1.5 Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet. Penyambungan internet/intranet  Melakukan studi pustaka tentang tata cara penyambungan internet
 Mengamati tayang simulasi penyambungan internet
 Melakukan sambungan internet/internet melalui koneksi yang terdapat di lab. komputer  Menjelaska beberapa cara sambungan internet/intranet.


 Melakukan sambungan internet menggunakan Dial-up (saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 kbps), Wave line(2 Mbps) atau Satelit). Tes tertulis







Tes unjuk kerja Uraian







Uji prosedur Jelaskan tatacara penyambungan internet menggunakan Dial-up.


Lakukan penyambungan internet menggunakan Dial-up (saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 kbps), Wave line(2 Mbps) atau Satelit). 4x40 Komputer,koneksi internet,lembar kerja,buku paket,tayangan.

Mengetahui,
Kepala SMPN 1 NARMADA Guru Mata Pelajaran




Lalu.M.Supriadi S.Pd. M. AMIN KUTBI, S.Pd.I
NIP/NIK NIP/NIK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar